Penjelasan Mengenai Adat Istiadat dalam Keluarga Saya ( Tugas Softskill Etika Bisnis)

1. Teori

      Adat Istiadat adalah sebuah ungkapan yang artinya Segala aturan, ketentuan, tindakan, dsb yang menjadi kebiasaan secara turun temurun. Segala aturan, ketentuan, tindakan, dsb yang menjadi kebiasaan secara turun temurun diistilahkan sebagai Adat Istiadat. Jadi arti Adat Istiadat adalah Segala aturan, ketentuan, tindakan, dsb yang menjadi kebiasaan secara turun temurun.
     Sedangkan kebudaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

2. Kasus / Artikel

          Atas dasar teori yang ada maka masalah dirumuskan adalah Bagaimana adat dan istiadat yang berlaku dikeluarga saya.

3. Analisis

         Adat istiadat timbul dari suatu kebiasaan yang dilakukan secara terus-menerus dalam waktu yang lama. Sehingga kemudian kebiasaan tersebut ditetapkan menjadi suatu adat istiadat.
       Saya asli kelahiran jakarta, tetapi ayah saya asli orang yogyakarta dan ibu saya asli kuningan. Kedua kota tersebut memiliki kebudayaan ataupun adat istiadat yang berbeda. Tetapi dikeluarga saya baik ayah dan ibu saya tidak menekankan adat istiadatnya kepada anak-anaknya, mereka hanya mengajarkan anak-anaknya untuk memiliki tata krama dan ramah terhadap orang lain khususnya orang yang lebih tua serta untuk selalu menjaga tali silahturahmi dengan keluarga maupun teman-teman.
         Kesimpulannya adalah adat istiadat yang ada harus kita jaga agar generasi penerus kita bisa mengetahui adat istiadat leluhurnya, asalkan adat istiadat yang kita lakukan tidak melanggar dari norma agama kita terutama keluarga saya yang menganut agama islam.

4. Referensi

0 komentar:

Posting Komentar