Corporate Social Responsiblity

1. Teori

    Corporate Social Responsiblity adalah komitmen perusahaan atau dunia bisnis untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan dan menitik-beratkan pada keseimbangan antara perhatian terhadap aspek ekonomis, sosial, dan lingkungan (Irham Fahmi 2013:81).
  Menurut Business for Social Responsibility adalah pencapaian kesuksesan komersil dalam artian penghargaan terhadap nilai kesusilaan dan penghormatan terhadap manusia, masyarakat dan lingkungan.
   Pengertian CSR di Indonesia sendiri telah diangkat dalam peraturan normative yakni dalam UUPT. Sebagaimana disebutkan dalam Pasal 74 UUPT, CSR memliki defenisi yaitu sebagai komitmen perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perseroan sendiri, komunitas setempat.
   Secara konseptual, CSR adalah sebuah pendekatan dimana perusahaan mengintegrasikan kepedulian sosial dalam operasi bisnis mereka dan dalam interaksi mereka dengan para pemangku kepentingan berdasarkan prinsip kesukarelaan dan kemitraan. Artinya pihak perusahaan harus melihat jika CSR bukan program pemaksaan tapi bentuk rasa kesetiakawanan terhadap sesama umat manusia, yaitu membantu melepaskan pihak – pihak dari berbagai kesulitan yang mendera mereka dan efeknya nanti bagi perusahaan itu juga (Nuryana 2005).

2. Kasus/Artikel

    Corporate Social Responsiblity adalah komitmen perusahaan atau dunia bisnis untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan dan menitik-beratkan pada keseimbangan antara perhatian terhadap aspek ekonomis, sosial, dan lingkungan (Irham Fahmi 2013:81).
 Dengan demikian maka masalahnya adalah manfaat bagi masyarakat dan keuntungan bagi perushaan dan contoh dari perusahaan yang menerapkan CSR secara detail dalam penulisan kali ini yang diangkat adalah Bank BNI Syariah.

3. Analisis

    Salah satu perusahaan yang sudah menerapkan CSR adalah Bank BNI Syariah. Bank BNI Syariah menerapkan beberapa program CSR melalui beberapa program, yaitu:

- BNI Syariah Salurkan Infak Rp 875 Juta

  BNI Syariah menyalurkan dana infak Rp875 juta untuk anak-anak yatim dhuafa di Indonesia melalui BAZNAS. Dana tersebut merupakan dana kepedulian nasabah BNI Syariah melalui Tabungan Hasanah yang berkontribusi Rp 75 ribu setiap pembukaan tabungan senilai Rp 300 ribu.
  Program ini sejalan dengan berbagai event BAZNAS yang menyalurkan zakat untuk anak yatim yang dhuafa agar makin menikmati berkah kebahagiaan di Bulan Ramadhan. Dana tersebut sepenuhnya akan digunakan untuk rangkaian kegiatan membahagiakan anak yatim di Bulan Suci Ramadan ini, yaitu dalam acara Run For Hope, 13 ribu Langkah untuk 13 ribu Anak Yatim.
   Acara Run For Hope merupakan acara lari yang telah dilaksanakan di EX Thamrin pada Minggu (30/6) lalu, diikuti oleh sekitar 350 orang yang berlomba untuk turut membantu anak yatim melalui semangat mereka berlari. Setiap satu putaran sepanjang 2 km dengan menempuh rute EX-Sarinah-HI-EX, berarti peserta telah membantu 13 anak yatim.
    Bersama dengan infak dari BNI Syariah, kontribusi para peserta lari dalam Run For Hope melalui infak peserta sebesar Rp 75 ribu tiap peserta, akan didonasikan untuk acara Buka Bersama 13 Ribu Anak Yatim yang akan digelar pada 24 Juli 2013 di 13 kota di Indonesia. Kota-kota yang terbentang dari Pekanbaru hingga Mataram, Nusa Tenggara Barat menjadi representasi luasnya jangkauan kepedulian BNI Syariah, BAZNAS dan juga MetroTV yang akan menyiarkan secara langsung melalui Program Oase menjelang berbuka puasa. Tahun depan, program ini diharapkan dapat dilaksanakan dari barat hingga ujung timur Indonesia.

- BNI Syariah Makassar Gelar Donor Darah

   Manajemen Bank BNI Syariah Makassar, menggelar donor darah sebagai rangkaian perayaan HUT ke-3 bank ini. Donor darah diikuti karyawan dan undangan acara ini, digelar di kantor Bank BNI Syariah, Jl AP Pettarani Makassar.

- Buka Puasa Kantor Pusat Bersama Anak yatim

   BNI Syariah hari ini melaksanakan buka bersama seluruh pegawai kantor pusat dan perwakilan cabang Jabodetabek. Acara dihadiri jajaran komisaris, direksi dan pegawai kantor pusat. Tak lengkap rasanya jika acara ini tidak berbagi maka BNI Syariah pun turut mengundang anak yatim dan dhuafa sekitar kantor pusat BNI Syariah. Bekerjasama dengan unit pelayanan zakat, kami memberikan santunan dan bingkisan lebaran untuk 200 orang anak yatim/dhuafa.


4. Referensi

- http://makassar.tribunnews.com/2013/06/19/bni-syariah-makassar-gelar-donor-darah

0 komentar:

Posting Komentar