Rangkuman Mata Kuliah Akuntansi Biaya, 09/10/2012

Fungsi Akuntansi Biaya
Penghitungan Harga Pokok Produksi: Seluruh biaya baik secara langsung maupun tidak langsung yang dikeluarkan untuk memproduksi barang atau jasa yang merupakan operasi utama perusahaan dalam suatu periode tertentu.
  • Harga pokok produksi meliputi:
  1.  Biaya pemakaian bahan baku (raw material) : yaitu bahan yang membentuk suatu kesatuan yang tidak terpisahkan dari produk jadi. Bahan utama atau bahan pokok dan merupakan komponen utama dari suatu produk. Bahan baku biasanya mudah ditelusuri dalam suatu produk dan harganya relative tinggi dibandingkan dengan bahan pembantu. Misalkan produk kursi rotan bahan bakunya rotan. Adapun bahan pembantu dari produk kursi rotan, seperti paku, lem kayu, dempul, dan lain-lain.
  2. Biaya tenaga kerja langsung (direct labor) : Tenaga kerja langsung yaitu tenaga kerja di pabrik yang secara langsung terlibat pada proses produksi dan biayanya dikaitkan pada biaya produksi atau pada barang yang dihasilkan. Sedangkan tenaga kerja tak langsung adalah tenaga kerja di pabrik yang tidak terlibat secara langsung pada proses produksi
  3. Biaya overhead pabrik (factory overhead) : Biaya overhead pabrik adalah semua biaya produksi selain biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung.
    Perilaku Biaya dibagi 3, yaitu:
  1. Biaya Tetap : Biaya yang jumlah totalnya tetap dalam kisaran perubahan volume kegiatan tertentu. Contohnya adalah biaya overhead pabrik tetap, biaya pemasaran tetap, biaya administrasi dan umum tetap.
  2. Biaya Variabel : Biaya yang jumlah totalnya berubah sebanding dengan perubahan volume kegiatan. Contoh : biaya bahan baku , biaya tenaga kerja langsung, biaya overhead pabrik variabel, biaya pemasaran variabel, dan biaya administrasi variabel.
  3. Biaya Semi Variabel : Biaya campuran atau biaya semi variabel adalah biaya yang jumlah totalnya akan berubah dengan adanya perubahan kapasitas kegiatan tetapi perubahan jumlah biaya tersebut tidak proporsional dengan perubahan kapasitas kegiatan. Contoh: biaya listrik, biaya reparasi dan pemeliharaan aktiva tetap, biaya kendaraan, biaya telpon, dan sebagainya.

    - Full Costing : Merupakan metode penentuan harga pokok produksi yang memperhitungkan semua unsur biaya produksi kedalam harga pokok produksi , yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik baik yang berprilaku variabel maupun tetap.
    - Variabel Costing : Merupakan metode penentuan harga pokok produksi yang hanya memperhitungkan biaya produksi yang berprilaku variabel kedalam harga pokok produksi yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langung dan biaya overhead pabrik variabel.

    - Biaya Periode adalah Biaya nonpabrikasi yang dikeluarkan atau terjadi selama periode berjalan dalam rangka operasional perusahaan atau Biaya yang keseluruhannya diakui debagai biaya pada saat biaya tersebut dikeluarkan tanpa melihat kapasitas sebenarnya.
Daftar Pustaka:

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Ijin copas gan :)

Posting Komentar